Jumat, 03 Februari 2012

Khasiat Bawang Merah

Kandungan Bawang Merah
Bawang merah mengandung banyak serat seluloza yang kaya akan minyak sulfat yang mudah menguap. Juga mengandung zat-zat karbohidrat, asam fosfat, vitamin B dan C. Susunannya sebagai berikut: 8,86% air, 1,3% protein, 1% lemak, 10,3% karbohidrat dan unsur-unsur lain seperti dari fosfor, kalsium dan besi. Dalam setiap 100 gr bawang merah terdapat 48 kalori.

Bawang merah merupakan sejenis sayuran dari keluarga liliceae, sayuran yang memiliki aroma menyengat karena kandungan sulfat adil, yaitu zat belerang yang sudah menguap. Oleh sebab itu, hendaknya berhati-bati menggunakan Bawang merah  iris yang disimpan, karena akan layu dan menjadi bahan beracun. Maka harus digunakan dalam keadaan segar agar khasiat bawang merah dapat dirasakan.

15 Manfaat Bawang Merah

1 . Minyak yang mudah menguap yang terkandung dalam air bawang merah berguna untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci, demikian juga mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada toraks dan kerongkongan.


2 . Dapat juga membunuh mikroba diphtheria, amuba disentri dan mikroba TBC. Bawang merah benar-benar mampu menghilangkan bakteri-bakteri tersebut dalam waktu singkat

3 . Uap bawang merah bisa digunakan untuk membersihkan luka dan dapat menyembuhkannya.
Dapat mengaktifkan gerakan lambung.

4 . Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.

5 . Menghirup bau bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat dan dapat masuk ke dalam darah manusia, yang nantinya bisa membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.

6 . Bawang merah juga memiliki unsur yang mirip dengan hormon insulin yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah.

7 . Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah maupun sudah masak dicampur dengan keju dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

8 . Untuk mengobati batuk rejan dan radang paru dengan menggunakan bawang merah sebagai kompres di atas dada. Jika diletakkan di atas ginjal dan kantong kemih, bisa menyembuhkan susah buang air kecil.

9 . Jika diletakkan di atas kedua telapak kaki, maka dapat menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah. Dan jika diletakkan di atas luka, maka akan mengeluarkan nanah dan darah kotor. Cara membuat kompresan dari bawang ini adalah dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan kecil lalu dipanaskan. Setelah itu, diletakkan di daerah yang hendak diobati, kemudian diikat dengan kain. Lakukan penggantian perban tersebut setiap 12 jam.

10 . Potongan-potongan bawang merah bisa digunakan juga untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, yaitu dengan cara membubuhkan potongan-potongan bawang tersebut di sekitar kalu atau mata ikan pada sore hari sampai pagi hari. Ulangi hal tersebut sampai terlepasnya kalu atau mata ikan dari kaki, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.

11 . Air bawang merah digunakan untuk pembalut pada bagian anggota tubuh yang terpotong untuk menghilangkan rasa sakit.

12 . Bawang merah apabila ditumbuk dan didihkan dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir.

13 . Seduhan bawang merah ini dapat digunakan untuk menghilangkan cacing pada anak-anak, yaitu dengan cara menyeduh potongan-potongan bawang merah dan memasukkannya ke dalam air dan disimpan sepanjang malam, lalu pada siang hari diminumkan kepada anak setelah dicampur dengan madu. Ulangi proses tersebut setiap pagi hingga cacing benar-benar keluar seluruhnya.

14 . Bawang merah juga bisa menghilangkan cacing di lambung dan mengobati wasir dengan cara membuatnya sebagai obat pencahar dari bawang merah yang telah dipanaskan sekitar kurang lebih 3 menit dalam 1 liter air. Dalam hal ini gunakan bawang merah yang ukurannya sedang agar bisa dimasukkan ke dalam anus.

15 . Menghirup aroma bawang merah dapat mengobati rasa pusing dan pingsan. Sebab baunya sangat menusuk sehingga dapat merangsang peredaran darah dan fungsi pernapasan. Demikian juga fungsi-fungsi saraf. Dengan demikian, bawang merah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama daripada harus menggunakan amoniak.

Info tambahan : 

Bawang merah diperkirakan telah beberapa abad dikenal oleh masyarakat. Namun apakah Anda telah mengetahui apa sajakah manfaat bawang merah itu? Tanaman bawang merah memiliki nama latin Allium cepa yang berasal dari suku Liliceae. Tanaman ini mudah tumbuh dan berkembang biak menggunakan umbi yang ditanam dalam tanah. Berdasarkan sejarah, orang yang menemukan bawang merah adalah Chistopher Columbus. Ia membawa tanaman itu hingga ke Amerika Utara pada tahun 1942. Hingga sekarang, variasi dari bawang merah telah sangat beragam dan dapat kita temui dimana-mana. Setiap variasi tersebut sangat menentukan kualitas hasil dari umbi bawang merah.

Bawang merah sudah sangat familiar dalam kehidupan kita sebagai bumbu masakan sehari-hari. Untuk itu pengetahuan tentang manfaat bawang merah juga perlu untuk kita ketahui. Khasiat bawang merah sebenarnya telah banyak dirasakan oleh manusia sejak berabad-abad yang lalu. Sebagai contohnya adalah untuk menambah kekuatan ekstra bagi pekerja yang membangun piramida Mesir, mereka rajin mengonsumsi bawang merah dan lobak.

Selain itu, para Gladiator di zaman Romawi kuno dahulu juga memanfaatkan bawang untuk menambah kekuatan otot mereka. Mereka menggosok-gosokkan bawang merah ke seluruh bagian tubuh sebelum bertanding. Mereka percaya dengan melakukan hal tersebut, kondisinya bisa semakin prima.

Pada zaman sekarang, umumnya bawang merah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan. Ada berbagai macam zat bermanfaat yang terkandung dalam bawang merah. Diantaranya adalah Vitamin K, Vitamin E, Zat Besi, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Seng, dan Natrium. Dengan adanya beberapa zat tersebut, bawang merah dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita terhadap vitamin maupun mineral.

Jika Anda ingin memperoleh khasiat bawang merah secara optimal, Anda dapat mengonsumsi irisan bawang merah yang masih mentah setiap hari secara rutin. Irisan bawang merah mentar tersebut dapat Anda padukan dengan cabe kecil, irisan tomat, dan irisan mentimun lalu diberi garam dan air perasan jeruk nipis. Anda dapat menikmatinya sambil menyantap ikan atau ayam goreng.
Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Berdasarkan sejarah, masyarakat telah mengetahui manfaat bawang merah untuk kesehatan seperti menyembuhkan beberapa penyakit yang mereka derita. Diantara manfaat bawang merah tersebut adalah menyembuhkan sakit kepala, melancarkan buang air besar, mengobati batuk, rambut rontok, hingga menyembuhkan luka akibat gigitan ular.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...